Buku dan Kemewahan Waktu

Sejak jaman masih gadis kinyis2, setiap kali diminta menyebutkan hobi untuk keperluan tertentu, saya selalu menjawab hobi saya: membaca buku. Sampai sekarang pun hobi itu tetap sama. Saya seneng baca buku, beli buku, atau minjem buku, heuheu.

Rak Buku

Saya sendiri sudah lupa sejak kapan saya mulai suka baca buku. Sebab kalo dipikir2, keluarga saya bukanlah pecinta buku. Alasan utamanya sih karena dulu agak sulit menyisihkan uang untuk beli buku. Ya kalo kata Mama saya: ‘mending buat beli beras dan bayar sekolah dulu’. Hehehe. Tapi sejak SMP, saya mulai langganan majalah GADIS dan beli komik dari menyisihkan uang jajan harian. Sisanya minjem sana sini. Kadang tukeran sama temen. Sekarang, komik2 saya jaman dulu semisal Topeng Kaca atau Pop Corn udah ilang2an gak tau kemana, hiks. Beberapa dipinjem dan gak balik lagi.

Baru mulai saya kuliah, dari uang beasiswa dan kiriman emak tiap bulan bisa lah sedikit2 beli buku. Dulu jaman kuliah sukaaaa banget novel2-nya Seno Gumira Ajidarma. Kali ini mulai selektif minjemin buku. Kalo gak yakin balik, mending gak usah minjemin, kikikik *pelit*. Sekarang koleksi SGA saya lumayan lengkap mulai dari Jazz, Parfum, dan Insiden, Dunia Sukab, Kitab Omong Kosong, Kalatidha, dan Negeri Senja.

Kebeneran dan Alhamdulillah, ternyata saya dapet suami yang hobinya sama. Jadi ketika menikah, ‘Harta Gono Gini’ *halah* yang paling banyak adalah buku. Yg awalnya buku2 saya satu rak aja gak penuh, tiba2 karena digabung dengan koleksi suami, jadi buanyak. Makanya perabotan rumah yg pertama dibeli setelah menikah adalah rak buku, heuheu.

Repotnya punya buku banyak adalah setiap pindahan, yang harus dibongkar dan dipacking paling banyak (dan berat) adalah buku. Apalagi tiap bulan, kayaknya ada aja tambahan buku yang dibeli. Jadi ketika kemarin terakhir mau pindah ke rumah yang sekarang, dengan berat hati saya melego beberapa koleksi komik dan buku yang sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Sayang sih sebenernya, tapi ya sudahlah… *self pukpuk*

Buku2Nah, kemarin pas lagi bersih2 rak buku, saya menemukan beberapa buku yang sudah dibeli 2-3 bulan lalu dan belum dibaca. Bahkan ada yang sampul plastiknya belum dibuka sama sekali. Dodolnya, waktu beres2 itu saya baru aja ‘kalap’ di Jakarta Book Fair, beli buku2 segambreng. Kalap belinya, bacanya sering gak sempet, hiks. Jadilah tumpukan ‘utang’ buku saya makin tinggi.

Tapi ya memang sekarang yg saya rasakan, kok susah sekali ya cari waktu bisa duduk anteng diem baca buku berjam-jam seperti dulu? Sebelum nikah dan punya anak, saya bisa begadang semaleman ngabisin Harry Potter yang tebel banget. Bahkan novel2 agak berat macam SGA atau Remy Silado aja bisa saya lahap gak sampe 2 hari. Sekarang, baca buku2 ringan macam Mom Lit atau novel2 yg gak terlalu tebel saja, abisnya bisa berhari2. Kadang baru duduk sebentar mau baca buku tiba2 yang anak minta makan lah, mau mandi lah, harus anter les ngaji lah, dst. Kadang2 juga baru sempet baca 2 halaman, eh udah ngantuk. Tapi yg lebih sering, kadang godaan blogwalking, atau main game dan socmed juga lebih menggoda, hihihi.

Sekarang mumpung anak lagi libur sekolah, saya mau lunasin utang baca buku ah. Semoga bisa konsisten nih, karena bagi saya sekarang, bisa duduk baca buku dengan tenang jadi satu kemewahan.

Ada yang merasa senasib dengan saya? Hehehe.

5 thoughts on “Buku dan Kemewahan Waktu

  1. sayaaaaaa! *ngacung paling tinggi*
    emang selain waktu.. godaan socmed & tv buat ku yang nggak tertahankan mak, kalo mo baca buku bawaannya baru 2 lembar udah ketiduran. macam baca buku dongeng aja kayaknya ya 😀

  2. Hohoho… Senaaanngg ketemu maniapasta lagi… Ada terranendura jugaaa.. Nanti aku mampir yaahh ke blognya ^^.
    Same here, baca chicklit aja seminggu ga abis2 :p

  3. aku langganan Gadis sejak…. kelas 5 SD lho, hahaha 😛 tapi sejak kenal dunia maya, memang jadi males mau baca-baca buku lagi. lbh suka kepoin eh bacain blog’e temen2.

Leave a Reply to chrysantie Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s